nama

Semoga Bermanfaat

daun gugur

cursor

Buku Tamu

Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it

Kamis, 09 Januari 2014

LOMBA LINGKUNGAN SEKOLAH SEHAT (LLSS)

hay guyss
ketemu lagi nih sama aku
aku punya cerita tentang LLSS di sekolahku beberapa hari yang lalu
aku membuatnya dalam bentuk laporan kegiatan yang di perintah
guru BHS Indonesiaku " ibu Siti kartini "
mulai dari persiapan sampai pelaksanaan aku tuliskan dalam laporanku
aku sangat senang dan bangga pada hari itu apalagi aku salah satu tim pasukan PBB
pasti semuanya penasaran kann sama ceritanya
yukk mari...




LAPORAN KEGIATAN
LOMBA LINGKUNGAN SEKOLAH SEHAT
(LLSS)


1 LATAR BELAKANG
     Lingkungan sekolah sangat berperan penting membentuk karakter bangsa yang mencintai kebersihan dan kesehatan lingkungan. Lingkungan yang bersih dan sehat akan menunjang terjadinya pembelajaran yang secara tidak langsung dapat meningkatkan mutu pendidikan. Kebiasaan hidup sehat dapat mempengaruhi pola pikir dan pola hidup kita semua.
     Dengan diadakannya Lomba Lingkungan Sekolah Sehat yang diprogran oleh 4 mentri yaitu, kementrian pendidikan dan kebudayaan, kementrian kesehatan, kementrian kesejahteraan rakyat, dan kementrian agama dapat memotivasi kita dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, khususnya di lingkungan sekolah

2 TUJUAN
- Memotivasi daan menumbuhkan kesadaran agar menerapkan pola hidup serta mewujudkan                   lingkungan yang sehat
- Meningkatkan pelaksanaan UKS
- Menciptakan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan
- Memotivasi agar empati/peduli kepada lingkungan sekitar

3 TEMPAT PELAKSANAAN 
   SMP Negeri 1 Sampang dan SMA Negeri 3 Sampang

4 PERSIAPAN
     untuk persiapannya SMPN 1 telah mempersiapkannya dengan baik, antara lain :
- Penanaman pohon puring yang menjadimaskot atau ciri khas dari SMPN 1 Saampang, karena selain       dapat bermanfaat sebagaisuplai oksigen dan obat obatan juga dapat melatih otak kanan dan kiri karena     daunnya berwarna warni.
- Pengecetan Tembok Sekolah
  untuk masing masing kelas dikerjakan oleh masing masing siswa disetiap kelas dengan warna bebas       dan 3 slogan tentang UKS
- Pembuatan benner tentang kesehatan dan kebersihan lingkungan
- Perbaikan tembok/gedung yang rusak 
- Penataan rungan
  ruang kelas dikreasikan oleh setiap siswa di masing masing kelas, hanya saja tidak boleh menggunakan   gabus karena tidak dapat terurai baik oleh tanah
  ruangan lainnya seperti UKS, kantin, ruang guru, ruang keteranpilan, ruang tataboga, dll juga ditata         dengan cantik, baik, dan rapi
- Pengecetan meja kelas
- Pembaharuan tempat sampah
- Perbaikan taman sekolah
- Perbaikan Green House 
- Pembuatan Kolam ikan dan westafel 
- Serta taklupa membersihkan seluruh lingkungan di SMPN 1 Sampang
     Dengan persiapan yang sangat baik membuat SMPN 1 Sampangberubah drastis menjadi lebih bersih, rapi, hijau, dan indah dalam beberapa minggu saja. 
       Kita bukan hanya memperindah SMPN 1 Sampang saja tetapi juga mempersiapkan kader kadr UKS, Pemandu tim penilai, dan penampilan dari berbagai ektrakulikuler yaitu, PBB,PMR,Silat, Karate, band, pramuka, padus, basket, tari, teater, dan parodi yang berlatih sangat keras untuk menampilkan yang terbaik.

5. PELAKSANANAN
    Pada sabtu 2 Novenber 2013, SMPN 1 Sampang menjadi perwakilan Sampang dlam LLSS tingkat smp. Tim penilai tiba dikota Sampang kurang lebih pukul 06.00 WIB di pendopo agung bupati untuk menemui bupati yang di wakilkan oleh wakil bupati. Disana tim penilai dijamu sarapan pagi
     Pasukan PBB, karate, silat, dan senam di berangkatkan ke pendopo kurang lebih pukul 06.30 WIB, untuk melaporkan bahwa SMP 1 telah siap mengikuti LLSS dan mengawal tim penilai menuju SMP. Didepan gerbang SMP tim penilai disambut oleh ratusan siswa pemegang bergera logo UKS dan puluhan dewan guru. serta penyerahan cindramata berupa pecut oleh pasukan pencak silat.
     Setibanya di SMP 1 Sampang tim penilai menempati kursi yang telah disediakan di samping lapangan basket untuk menyaksikan kreasi PBB dan aksi pencak silat. slogan UKS "Sehat dimulai dari saya" yang dilontarkan pasukan PBB, serentak membuat tim penilai berdiri dan memberi tepuk tangan yang sangat meriah (karena aku salah satu anggota pasukan PBB pada saat itu perasaanku sangat bangga dan semua keluh kesah selama latian terasa hilang aduhh kenapa tambah curhat, Lanjut..)
     setelah itu, tim penilai menuju aula smp untuk melaksanakan pembukaan dan kegiatan berikutnya. dalam acara pembukaa ditampilkan paduan suara yang menyanyikan beberapa lagu. pada saat lagu terahir yaitu "praon". kepaa sekolah smpn 1 sampang berikutnya yaitu sambuta  bapak moh roib maju kepanggung untuk berjoget dan diikuti oleh tim penilai serta para penonton. acara pembukaan dengan padus sangat meriah. pembukaan selanjutnya oleh aksi lincah seni tari. disusul acarara berikutnya yaitu sambutan dari kepada smpn 1 sampang dan ketua tim penilai
     bapak roib dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena telah menjadi perwakilan sampang dalan LLSS tingkat SMP, meskipun masih banyak yang perlu di benahi dan disempurnakan oleh sebab itu bapak roib sangat berharap nantinya tim juri dapat memberikan saran untuk kedepannya supaya lebih baik.
    ketua tim penilai LLSS yaitu bapak susanto mengungkapkan sangat terkesan dengan acara penyambutan yang begitu meriah, serta beliau berharap kab. Sampang akan lebih baik pada tahun ini dan tahun tahun selanjutnya. bapak susanti juga memanggil 2 anak maju kedepan untuk diberikan beberapa pertanyaan.
      selanjutnya beberapa tim penilai mulai mensurvei dan meniai lingkungan smpn 1 sampang dan sebagian lagi masih berada dalam aula untuk menyaksikan pertunjukan teater. setelah pertunjukan usai, semua tim penilai terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan penilaian yang didampingi pemandu dari siswa.
       dilingkungan sekolah ada aksi pertunjukan disetiap bidang ektrakuliuler yang ada, secara bergantian yaitu, PMR dengan simulasi, Pramuka dengan senamnya, karate silat dengan gerakannya, band dengan lagu lagunya, basket dengan permainannya, serta berjalannya rencana terstuktur dilingkunagn sekolah seperti kader yang bersiap di tempat masing masing antara lain UKS, kamar mandi, westafel, green house, kantin, kantin kejujuran, dan seluruh lingkungan sekolah. ada juga teman yang berdiskusi di depan kelas, sisanya masuk kelas.
     tim penilai sangat detail saat mensurvei dan menilainya. semua aspek aspek didalam smpn 1 sampang disurvei dengan sangat detail dan tim penilai juga banyak menanyakan beberapa hal yang juga terkadang sangat membingngkan untuk dijawab oleh kader kader, pemendu, maupun sisiwa lainnya.
       kretria penilaiannya tidak jauh dari trias UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. tidak hanya mensurvei dan menilai tim penilai juga mendokumentasi kegiatan kegiatan yang ada.
       sekitar pukul 11.00 wib tim penilai telah selesai menilai lingkunagn smpn 1 sampang tim penilai pun di persilahkan menyantap hidangan yang telah disediakan.
         acara LLSS ini ditutup dengan penampilan parodi, tetapi tim penilai tidak sempat meneonton penampilan tersebut karena harus menuju SMA 3 Sampang yang menjadi perwakilan sampang untuk tingkat SMA.





itu cerita LLSS di sekolahku
semoga bermanfaat yaa :)





Tidak ada komentar :

Posting Komentar