nama

Semoga Bermanfaat

daun gugur

cursor

Buku Tamu

Cara Buat Buku Tamu disini

widget by Klinik-it

Rabu, 03 Agustus 2016

RESENSI FILM ( BIG HERO 6)

assalamualaikum wr.wb
ketemu lagi nih sama lidya yang, yang apa ya ? hahaa
yang terobsesi banget sama baymax
tau bax max kan . itu lho karekter di big hero 6 yang lucu lembut pengen tak peluk
nah kali ini lidya bakal post resensi film
siapa saja kalian yag suka baymax yuk cekidottt





MAKALAH RESENSI FILM
BIG HERO 6

 









Oleh :
Nur Fajri Hayyuni Maulidya (24)
Guru Pengajar :
Itznaniyah Umie Nur Nurniatie, M.Pd

SMA NEGERI 1 SAMPANG
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang melimpahkan rahmat  dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Makalah Resensi Film Big Hero 6 “ . makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran bahasa Indonesia  yang di bimbing oleh iu Itznaniyah Umie Murniatie,M.pd.
Makalah ini telah penulis kerjakan dengan sebaik baiknya. Namun penulis menyadari bahwa masih ada bahasa, kata, susunan ataupun lainnya yang masih terdapat kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu penulis menerima segala saran, kritikan dan masukan dari pembaca maupun guru pembimbing agar penulis dapat memperbaiki makalah ini.
Demikian dari penulis semoga makalah ini dapat memberikan manfaat serta motifasi kepada penulis maupun pembaca agar lebih baik dari sebelumnya
Sampang, 30 April 2016

Penulis
 









  


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..................................................................................  i
DAFTAR ISI  ..............................................................................................  ii
BAB I PENDAHULUAN ...........................................................................  1
1.1 Latar Belakang ................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah ............................................................................ 2
1.3 Tujuan .............................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN ............................................................................  3
2.1 Identitas Film ...................................................................................  3
2.2 Sinopsis Film .................................................................................... 4
2.3 Penilaian Film ................................................................................... 7
PENUTUP ....................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................  9










BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Film merupakan media komunikasi dan informasi yang bersifat audio visual yang paling mudah dicerna oleh semua kalangan dari segala usia, dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pengetahuan. Oleh karena itu film merupakan media yang menjadi sasaran paling efisien untuk menyampaikan pesan pesan moral. Karena film dapat mencakup berbagai pesan, baik itu pesan pendidikan, hiburan dan informasi. Pesan dalam film adalah menggunakan mekanisme lambang – lambang yang ada pada pikiran manusia berupa isi pesan, suara, perkataan, percakapan dan sebagainya. Banyak sekali macam genre film yang dapat kita nikmati salah satunya yaitu film animasi. Film animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Film Animasi mulai berkembang sejak abad 18 di amerika dan hingga sekarang film animasi masih berkembang dengan baik seiring berkembangnya  teknologi menjadikan film animasi dapat lebih jernih dan berkualitas dengan tambahan berbagai efek. Sedangkan tokoh yang dianggap berjasa dalam perkembangan animasi adalah walt Disney. Film animasi berbeda dengan film-film biasanya. Perbedaan tersebut terletak pada proses pembuatannya. Film animasi dapat dibuat dengan cara konvensional atau komputer. Cara konvensional merupakan cara klasik dimana pembuatnya dituntut untuk membuat gambar yang kemudian dipadukan sehingga menghasilkan gambar bergerak, sedangkan cara komputer merupakan cara yang paling efektif dan efisien dalam memproduksi suatu gambar bergerak yang tentunya menggunakan media beupa komputer. Seiring perkembangan zaman, teknologi komputer pun semakin berkembang. Hal ini terlihat dari industri perfilman yang menyuguhkan varian film berbentuk 2D dan 3D. Film animasi dapat mencakup berbagai macam genre. Mulai dari horor, aksi, fiksi sains sampai komedi. “Big Hero 6” sendiri selain tersedia dalam versi 2D, juga tersedia dalam versi 3D dan film ini termasuk dalam genre animasi, aksi, komedi, keluarga petualangan dan fiksi sains.
Big Hero 6 adalah film 3D superhero animasi komputer yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios ini merupakan salah satu film terbaik pada tahun 2014 dan memenangi piala Oscar kategori Film Animasi Terbaik tahun 2015. Kemampuan Walt Disney Animation Studios sendiri dalam mengembangkan film animasi memang tak perlu diragukan lagi. Film Big Hero 6 yang diadaptasi berdasarkan komik Marvel tersebut , walau memiliki alur sekaligus perbedaan karakter dengan komik aslinya, dikemas dengan cukup menarik dan cocok untuk ditonton oleh anak-anak maupun orang dewasa, Hal ini, tentu saja, juga didukung dengan nilai moral dan pesan yang bisa diambil terutama yang berhubungan dengan keluarga dan teman-teman.
Big Hero 6 sangat kuat disini, dan bisa dikatakan ia memiliki kombinasi yang paling pas diantara unsur seriusdan santai jika harus dibandingkan dengan animasi lain yang rilis tahun itu . Big Hero 6 punya naskah yang sangat pintar dalam mencampur rasa, pahit dan manis tampil dalam kuantitas dan kualitas yang sama-sama memikat. Kita punya pesan yang kuat seputar persahabatan hingga rasa kehilangan, secara bergantian tampil memberikan sukacita yang menyenangkan disokong dengan humor-humor yang kuat lewat hal-hal sederhana seperti nada setelah toss yang imut itu, namun setelah itu kita seolah terus di ingatkan pada eksistensi emosi yang kuat di pusat cerita lewat konten yang sedikit muram pada perasaan patah hati dari Hiro yang dalam itu, keduanya tersusun dalam struktur cerita yang punya irama yang manis sehingga bukan hanya mudah menjangkau penonton muda, namun juga penonton dewasa. Disney sukses besar disini, mereka kembali berhasil menciptakan karakter yang charming dan loveable dengan karakterisasi yang sederhana namun kuat. Karakter adalah kunci lain yang menjadikan Big Hero 6 terasa indah jelas membuat film superhero ini berbeda dengan yang film superhero lainnya Hal inilah yang membuat penulis membuat makalah ini.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana identitas film Big Hero 6?
2.      Bagaimana sinopsis film Big Hero 6 ?
3.      Apa saja kelebihan dan kekurangan dalam film Big Hero 6?

1.3  Tujuan
1.      Mengetahui identitas film Big Hero 6
2.      Mengetahui sinopsis film Big Hero 6
3.      Mengetahui kelebihan dan kekurangan didalam film Big Hero 6



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Identitas Film
1.      Sutradara                     : Don Hall, Chris Williams
2.      Produser                      : Roy Conli, Kristina Reed
3.      Penulis Naskah            : Don Hall, Jordan Roberts
4.      Genre                          : Animasi, Superhero, Aksi
5.      Durasi                         : 108 menit
6.      Tanggal Rilis                : 07 November 2014
7.      Studio                          : Walt Disney Pictures
8.      Musik                         : Henry Jackman


9.      Pemain
No
Karakter
Pengisi Suara
1
Hiro Hamada
2
Baymax
3
GoGo Tomago
4
Honey Lemon
5
Wasabi
6
Fred
7
Aunt Cass
8
Tadashi Hamada
9
Professor Robert Callaghan
10
Alistair Krei
11
Freds pappa
12
Abigail Callaghan
13
Tekniker 1
14
Tekniker 2


2.2 Sinopsis Film
Hiro Hamada adalah bocah ahli robotik berumur 14 tahun. Dia tinggal di kota metropolitan San-Fransokyo dan menghabiskan kesehariannya bergabung dalam pertarungan robot ilegal. Kakak Hiro, Tadashi takut Hiro akan menyia-nyiakan potensinya. Tadashi membawanya ke universitas tempatnya belajar, San-Fransokyo Institute of Technology (SFIT), di mana Hiro bertemu dengan teman-teman Tadashi. Mereka adalah Go Go Tomago, Fred, Wasabi No-Ginger,dan Honey Lemon. Begitu juga dengan Baymax, robot penjaga kesehatan pribadi yang diciptakan Tadashi. Hiro yang kagum, memutuskan untuk bergabung ke SFIT. Hiro kemudian mempersembahkan projectnya, Microbots untuk bisa masuk ke SFIT. Microbots adalah sekumpulan robot kecil yang dapat bergabung bersama membentuk apapun dalam setiap bayangan pengaturan. Profesor Callaghan, ketua dari program universitas, tertarik dengan project Hiro. Dengan demikian Hiro masuk ke dalam universitas itu.Lalu,Alistair Krei,presiden dari Tech Company berusaha untuk membeli ciptaan itu.Ketika api mulai membara di universitas tersebut,Tadashi masuk ke dalam untuk menyelamatkan Callaghan yang terjebak di dalamnya,namun ledakan terjadi,dan Tadashi pun terbunuh dalam universitas itu. Setelah kematian kakaknya,Hiro menjadi pendiam,dan mengasingkan dirinya dari teman-temannya.
Suatu hari,Hiro tidak sengaja mengaktifkan Baymax,secara bersamaan dia menemukan 1 microbot di saku jaketnya,microbot itu membawa mereka berdua ke satu rumah gudang yang sudah ditinggalkan.Di situ,Hiro menemukan bahwa seseorang telah menggandakan microbots ciptaannya dalam jumlah yang sangat banyak.Kemudian,dia diserang oleh orang bertopeng (Julukannya "Yokai") yang mengendalikan microbots ciptaannya.Mereka meloloskan diri,dan pergi ke kantor polisi.Tidak dapat meyakinkan polisi tentang dirinya yang diserang oleh Yokai,dia memutuskan untuk menangkap orang bertopeng itu.Dia memperbaharui Baymax dengan armor ciptaannya,dan memasangnya chip petarung.Di suatu tempat,Hiro terlibat dalam penyerangan Microbots Yokai bersama Go Go Tomago,Fred,Wasabi,dan Honey Lemon.Mereka segera melarikan diri dengan mobil van milik Wasabi.Van Wasabi tenggelam,Namun Baymax segera menolong mereka.Mereka pun melarikan diri ke mansion Fred.Di situ,Hiro membentuk sebuah kumpulan superhero yang terdiri dari Hiro,Honey Lemon,Baymax,Wasabi,Fred,dan Go Go Tomago.Hiro menciptakan armor untuk semua temannya,termasuk dirinya sendiri dan Baymax.
Mereka segera mengivestigasi laboratorium lama milik Krei Tech yang dulunya telah dipakai untuk menguji teknologi teleportasi.Ketika pilot tes yang mengendarai kendaraan menuju portal itu,pilot itu terjebak di dalamnya.Kemudian mereka diserang oleh Yokai,setelah pertarungan singkat,Hiro berhasil mencabut topengnya,dan mendapati bahwa orang itu adalah profesor Callaghan,Callaghan telah mencuri Microbots Hiro untuk menyelamatkan dirinya.Mengetahui bahwa Tadashi mati dengan sia-sia.Hiro menyuruh Baymax untuk membunuh Callaghan,tetapi Baymax tidak ingin membunuh Callaghan.Hiro secara kasar membuang chip perawat baymax,dan hanya memasukan chip petarungnya,Baymax langsung menjadi mesin pembunuh dan segera mencoba membunuhnya.Teman-teman Hiro segera mencoba menghentikannya,dan akhirnya Honey Lemon memasukkan kembali chip perawat Baymax,Baymax segera kembali normal,dan Callaghan segera melarikan diri.Hiro marah kepada teman-temannya dan pulang kembali ke rumahnya.Di garasi rumahnya,dia mencoba kembali membuang chip perawatnya,namun tidak bisa.Hiro mengatakan bahwa dengan membunuh Callaghan dapat memuaskan hatinya,untuk menenangkan hatinya,Baymax menampilkan video tentang Tes Tadashi terhadap Baymax,Tadashi baru berhasil pada test ke-84,Hiro mengetahui bahwa membunuh Callaghan bukanlah hal yang diminta Tadashi untuk membalas kematiannya.
Teman-teman Hiro dan dia mengetahui bahwa pilot tes yang terjebak dalam portal itu adalah anak Callaghan,Abigail.Callaghan membalas dendam kepada Alistair Krei yang telah menyebabkan kematian putrinya.Callaghan ingin membunuh Krei dengan melemparnya ke dalam portal yang aktif.Namun rencana itu telah diganggu oleh Hiro dan teman-temannya dengan melumpuhkan sejumlah Microbots Callaghan.Di dalam portal yang aktif,Baymax telah mendeteksi tanda hidup dari Abigail,Hiro dan Baymax segera melaju kesana untuk menyelamatkannya.Tapi di jalan keluar mereka,armor Baymax rusak,sehingga satu-satunya cara untuk menyelamatkan Abigail dan Hiro adalah dengan menembakkan rocket fist milik Baymax.Namun,Hiro tidak mau meninggalkannya,tetapi dia harus.Dan akhirnya dia harus meninggalkan Baymax di belakang dengan air mata berlinang.Setelah mereka keluar,portal akhirnya meledak.Abigail segera dilarikan ke rumah sakit,dan Callaghan ditahan polisi.
Suatu hari setelah kejadian itu,Hiro telah menemukan chip perawat Baymax (Yang mengandung semua personalitas Baymax) di rocket fist milik Baymax.Dia kembali membuat Baymax,dan kebahagiaan pun muncul kembali.Film diakhiri ketika teman-teman Hiro,Baymax,dan Hiro segera melindungi kota dengan harapan untuk memenuhi harapan Tadashi untuk membantu banyak orang. Di bagian "End credits", itu menampilkan gambar headline koran bahwa Hiro telah diberikan dana bantuan dari universitas dan bangunan didedikasikan untuk Tadashi. Dalam sebuah adegan setelah "End credits", Fred tidak sengaja membuka pintu rahasia di rumah keluarganya dan menemukan perlengkapan superhero didalamnya. lalu disana Fred bertemu ayahnya, seorang superhero yang telah pensiun. Ayahnya mengatakan bahwa mereka memiliki banyak waktu untuk berbicara yang dikatakan saat mereka sedang berpelukan.
2.3 Penilaian Film
1.      Kelebihan
Kualitas animasi yang baik dengan desain karakter tergolong sederhana, tetapi mampu memberikan keunikan tersendiri untuk setiap tokohnya.Untuk setiap ekspresi dan gerakan karakter. Sajian visual yang penuh warna dan memanjakan mata didukung juga oleh kemampuan yang baik para pengisi suaranya mampu memberikan nuansa sekaligus emosi yang tepat di setiap adegannya dan pemilihan kata maupun ungkapan yang digunakan sangat sesuai dengan karakter juga memiliki makna yang mudah di ingat oleh penonton.
Animasi yang bisa dicerna dengan mudah untuk segala usia. Dikemas dengan cukup menarik dan cocok untuk ditonton oleh anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini tentu saja juga didukung dengan nilai moral dan pesan yang bisa diambil yang mengajak untuk belajar banyak hal positif, tentang keluarga, tentang persahabatan, tentang keberanian, tentang belajar melihat dari sisi lain, tentang ketulusan, dan sebagainya diantaranya: tidak boleh membalaskan dendam kepada orang lain, sesuatu yang tidak pada tempatnya akan menyebabkan dampak negatif pada kemudian hari dapat dilihat bahwa teknologi akan menyebabkan bencana apabila tidak digunakan oleh orang yang tidak benar, memotivasi kehidupan kita untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan. Karena semakin berkembang kehidupan kita, maka permasalahan yang timbul akan semakin berat, pembelajaran yang baik bagi anak-anak untuk mengenal keberagaman. Alasannya, tokoh-tokoh dalam film ini berasal dari berbagai ras, namun mereka tetap kompak bekerjasama menumpas kejahatan.
Alur cerita nya tidak membosankan banyak diselingi komedi ,sehingga membuat penonton tertawa. Dengan alur lintasan yang sangat halus itu kita terus diajak berjalan bersama berbagai ide terkait teknologi yang mampu di bangun dengan baik sehingga bukan hanya tampak menarik di mata tapi juga terasa imajinatif, digerakkan dengan cepat dan penuh energi namun tetap terasa stylish

2.      Kekurangan
Hal yang menarik perhatian pada film ini yaitu mengenai judul, “Big Hero 6”. Angka enam pada judul tersebut sebenarnya bukan berarti film ini telah mengeluarkan serial keenam, tetapi menunjukkan jumlah dari para pahlawan di film ini, yaitu Hiro, Go Go Tomago, Fred, Wasabi No-Ginger, Honey Lemon dan tentunya Baymax. Ambiguitas pada judul ini merupakan salah satu titik kecil kekurangan dari film “Big Hero 6”. Selain itu, hal yang menarik dalam film ini adalah mengenai durasi yang sangat pendek tergolong sangat sederhana dan cukup mudah ditebak untuk film semacam “Big Hero 6”.
Kekurangan lain yang mungkin terlihat kecil adalah pada saat bagian akhir dalam film ini. Setelah tuilisan-tulisan komponen di luar film selesai ditampilkan, ternyata masih terdapat satu adegan yang tak kalah menarik sedangkan orang-orang yang menonton biasanya telah mulai meninggalkan kursinya saat muncul tulisan-tulisan komponen diluar film. Hal ini dapat membuat penonton sedikit kecewa karena meninggalkan adegan tersebut.



BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Dari paparan tadi, dapat disimpulkan bahwa film “Big Hero 6” selain menyuguhkan tontonan yang sangat menarik, juga memotivasi kehidupan kita untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan. Karena semakin berkembang kehidupan kita, maka permasalahan yang timbul akan semakin berat. Film ini juga mengajarkan kepada kita mengenai teknologi tepat guna, dimana teknologi harus diseimbangkan dengan penggunaannya yang ditujukan untuk kemaslahatan populasi manusia di dunia.  
Eksekusi yang kompeten menjadikan Big Hero 6 sukses berdiri kokoh sebagai salah satu film animasi terbaik tahun itu, ia tidak punya materi yang cerdas dan standout, tapi eksekusi yang cermat menjadikan hal-hal sederhana bahkan klasik tadi terasa cerdas dalam menghibur penontonnya.  
Big Hero 6 adalah film yang memuaskan. Bukan merupakan sebuah terobosan besar dari Disney, tapi dengan kembali memainkan pola dan permainan dasar film animasi, kemudian melengkapi mereka dengan struktur yang kokoh di berbagai elemen, dari cerita dengan pesan dan fokus yang kuat dan mampu menjangkau banyak golongan usia, keseimbangan dalam menyajikan sisi serius dan santai dengan kontrol yang cermat di dua bagian tersebut, visual yang indah dan manis untuk menemani cerita melaju kencang dalam irama yang terkendali, kemudian dibungkus dengan karakter menawan yang mudah membuat penonton jatuh cinta kepadanya, Big Hero 6 sukses memberikan sebuah tamasya menyenangkan yang pintar dan segar.

2.2    Saran
Sebaiknya film animasi  mengembangkan plot dalam cerita, terutama pada bagian penjelasan masing-masing karakter super hero dengan kostum atau alat yang dipakainya dan pada bagian proses pencurian alat pembaca pikiran juga pada proses terjadinya kematian Tadashi.



DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar :

Posting Komentar